Sunday, September 1, 2013

Suara ANNAHDLAH - sudah 100 hari gurutta' meninggalkan keluarga, santri, alumni serta jamaah yang selama ini menjadi orang-orang terdekat gurutta'. Tepatnya sabtu (31/08/013) malam, keluarga besar Pesantren ANNAHDLAH mengadakan Tahlil Akbar mengenang 100 hari wafatnya pimpinan pertama pondok pesantren ANNAHDLAH serta pengajian Akbar yang dipimpin oleh ketua PBNU Pusat Prof. Dr .KH. Aqil Siradj MA yang sebelumnya telah melakukan peresmian Masjid Al Harisah oleh rektor UIN Alauddin Makassar.

Ribuan hadirin mulai dari santri/wati, alumni, jama'ah beberapa masjid, keluarga, Tokoh-tokoh penting serta tamu undangan lainnya memenuhi gedung Ballrom CCC (Celebes Convention Center) tempat berlangsungnya acara. Tampak pada acara itu, Wakil Menteri RI Prof. Dr. Nazaruddin Umar, Ketua PBNU Prof. Dr. KH. Aqil Siradj, MA, dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan H. Agus Arifin Nu'mang.

Kegiatan digelar oleh sejumlah Alumni Pesantren ANNAHDLAH (IAPAN) yang dibantu oleh beberapa santri/wati ANNAHDLAH. Acara diawali oleh pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Ust. Drs.Mustaming, MA diiringi beberapa alumni. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al Qur'an oleh salah seorang alumni pesantren ANNAHDLAH yang dilanjutkan dengan pembacaan sholawat badar oleh Wahyu Sastra Negara (alumni angkatan 2010).

Acara sambutan beberapa tokoh serta tamu-tamu penting turut menambah riuhnya acara tahlil akbar. Mulai dari sambutan pimpinan Umum Pesantren ANNAHDLAH Dr. Afifuddin Harisah, Lc, MA, sambutan oleh Syaikhul Ma'had Dr. KH. Baharuddin HS, Lc, MA, sambutan Wagub H. Agus Arifin Nu'mang, sambutan Wakil Menteri Agama RI Prof. Dr. H. Nazaruddin Umar, MA dan kemudian diakhiri dengan pengajian Akbar yang dibawakan oleh Prof. Dr. KH. Aqil Siradj, MA.

Menurut Wakil Gubernur Agus Arifin Nu'mang, Gurutta' adalah sosok yang sangat kharismatik, sopan ketika bertutur kata dan tak sangat menyayangi seluruh santrinya.

"kalau saya ke pesantren gurutta', saya selalu minta dido'akan oleh beliau. Saya juga selalu mengikuti acara-acara yang diadakan oleh pesantren beliau". Ungkap Pak Agus Arifin Nu'mag yang dikala itu mewakili gubernur untuk menghadiri acara tahlil akbar.

Sedangkan menurut, Wakil Menteri Agama RI, Gurutta' merupakan ulama peringkat 19 dari 100 ulama indonesia dari di Sul-Sel.

"Almarhum adalah tokoh ulama urutan 19 dari 100 ulama indonesia dari Sul-Sel. Beliau seperti Quraisy Shihab". Ungkap Pak Nazaruddin Umar.

Tak kalah meriahnya, pemutaran film Dokumentar membuat isak tangis memenuhi ruangan acara. Film yang menampilkan sejumlah kenangan foto-foto Alllahu Yarham membuat para hadirin tak mampu menahan cucuran air mata. Mulai dari masa kecil Allahu Yarham, Masa sekolah, wisuda, Kasus mesjid Quba', Kampus 2 sudiang serta berkembangnya kampus 3 dan kampus 1 pesantren ANNAHDLAH yang dilakukan oleh Allahu Yarham semasa hidupnya menjadi bukti perjuangan beliau.

Sampai saat ini Allahu Yarham Gurutta' meninggalkan ribuan santri dan alumni pesantren ANNAHDLAH yang akan terus mendo'akan beliau.

0 comments:

Post a Comment